SURABAYAKABARMETRO.ID, SURABAYA– Agoda baru-baru ini melakukan sebuah survei.
Survei tersebut tentang wisatawan yang ada di Indonesia dan Asia.
Lalu seperti apa hasilnya?
Simak selengkapnya di sini!
Survei Perjalanan Berkelanjutan Agoda 2025 mengungkapkan, hampir tiga dari setiap empat wisatawan Indonesia (75 persen) mempertimbangkan keberlanjutan dalam merencanakan perjalanan mereka di 2025, lebih tinggi dibandingkan rata-rata wisatawan Asia secara keseluruhan (68 persen).
Survei ini melibatkan lebih dari 6.000 responden di 11 pasar Asia, menyoroti lanskap perjalanan berkelanjutan yang berkembang di Asia, di mana pariwisata yang autentik dan bermakna, serta perjalanan di luar musim puncak semakin menjadi lebih menonjol.
Survei ini melibatkan 6.081 responden di platform Agoda antara 6-19 Februari 2025. Survei mencakup 11 market di Asia, termasuk Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Filipina, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.
Pengalaman Autentik Mendorong Pilihan yang Lebih Berkelanjutan
Wisatawan Indonesia semakin termotivasi oleh daya tarik pengalaman autentik dan kesempatan untuk berkontribusi positif kepada komunitas lokal.
Hampir satu dari empat responden (23 persen) memprioritaskan pariwisata autentik, sementara 27 persen ingin mendukung ekonomi lokal saat bepergian.
Wisatawan Indonesia juga dipandu oleh nilai dan keyakinan pribadi, dengan 24 persen menyebutnya sebagai motivasi utama untuk melakukan perjalanan yang lebih berkelanjutan.
Tren ini menegaskan pergeseran menuju perjalanan yang tidak hanya menyenangkan tetapi juga bermakna dan berdampak.
Menjelajahi Destinasi Saat Sepi Pengunjung Jadi Pilihan Utama
Survei juga menemukan bahwa banyak wisatawan Indonesia berupaya mengurangi dampak lingkungan dengan bepergian di luar musim ramai untuk mengurangi kepadatan, pilihan yang diambil oleh lebih dari seperempat responden (23 persen).
Selain itu, 17 persen wisatawan Indonesia membawa barang ramah lingkungan seperti botol minum dan tas belanja guna mengurangi limbah.
“Sangat menyenangkan melihat wisatawan Indonesia berkomitmen memberikan dampak positif, dan Agoda siap mendukung perjalanan mereka,” ujar Country Director Agoda untuk Indonesia, Gede Gunawan, dalam rilis yang diterima pada Sabtu (8/3/2025).
“Melalui Program Eco Deals, wisatawan dapat menikmati diskon spesial di akomodasi para partner, sementara Agoda menyumbangkan satu dolar AS untuk upaya konservasi lokal untuk setiap pemesanan melalui program ini,” tambahnya.
“Kami senang dapat membantu wisatawan Indonesia menjelajahi dunia dengan biaya lebih terjangkau, sekaligus berkontribusi dalam pelestarian destinasi yang mereka kunjungi,” lanjutnya.
Sejak peluncuran edisi 2025, Program Eco Deals Agoda telah memberikan diskon hingga 15 persen untuk hotel partner di 10 market Asia.
Tahun ini menandai pertama kalinya Jepang dan Korea Selatan bergabung dalam Kampanye Eco Deals, memberikan lebih banyak kesempatan pada wisatawan yang bepergian ke Asia untuk mendukung destinasi favorit mereka.
Untuk setiap pemesanan Eco Deals, satu dolar disumbangkan untuk kegiatan konservasi WWF yang bertujuan melindungi satwa liar dan menjaga habitat penting di Asia.
Penawaran Agoda mencakup lebih dari 5 juta properti liburan, lebih dari 130.000 rute penerbangan, dan lebih dari 300.000 aktivitas, semuanya dapat digabungkan dalam satu pemesanan. (surabayakabarmetro.id)