Berita Ekonomi Gresik Jawa Timur Utama

Konsentrat Tembaga Perdana Tiba di Gresik, Jadwal Beroperasinya Smelter Baru Freeport Makin Dekat

Kapal MV Unitama Lily bersandar di Pelabuhan Freeport di JIIPE Gresik. Kapal tiba pada Jumat (21/6) sekitar pukul 09.00 WIB. Kapal membawa total 22.000 ton konsentrat tembaga dengan rincian 10.000 ton dimurnikan di PT Smelting Gresik dan 12.000 ton dimurnikan di Smelter PTFI. (istimewa/ surabayakabarmetro.id)

SURABAYAKABARMETRO.ID, GRESIK– Jadwal beroperasi Smelter Freeport di Gresik makin dekat.

Itu ditandai dengan telah tibanya konsentrat tembaga perdana di Gresik.

Hal itu seperti yang terjadi pada Jumat 21 Juni 2024.

Kapal Mother Vessel (MV) Unitama Lily merupakan kapal yang mengangkut konsentrat tembaga perdana dari Pelabuhan Amamapare, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, telah bersandar di pelabuhan Smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur, Jumat 21 Juni 2024.

Kapal ini membawa total 22.000 ton konsentrat tembaga dimana 10.000 ton dimurnikan di smelter pertama PTFI yaitu PT Smelting dan sebanyak 12.000 ton menjadi pasokan utama smelter baru PTFI yang beroperasi bulan ini (Juni).

Selanjutnya konsentrat dipindahkan dan ditempatkan dalam Concentrate Barn sebelum diproses lebih lanjut nantinya di Flash Smelting Furnace (FSF).

Secara garis besar terdapat tiga proses yang harus dilalui konsentrat sebelum menjadi lembaran katoda tembaga, yakni proses material handling konsentrat, proses peleburan di Furnace dan pemurnian di Electrorefinery. (surabayakabarmetro.id)

Bagus

About Author

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Utama

Toko Karpet di Gemblongan Surabaya Terbakar, Kepanikan Sejumlah Orang Ikut Terekam

SURABAYA – Sebanyak dua toko karpet yang ada di Jalan Gemblongan, Surabaya terbakar, Minggu (16/10/2022) sore kemarin. Saat kejadian, kobaran
Berita Utama

Tim Antasena dan Sapuangin ITS Capai Prestasi Bergengsi di Kancah Internasional, Berjaya di Shell Eco-Marathon 2022

SURABAYA – Satu lagi prestasi yang berhasil ditorehkan oleh para mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Mereka berhasil meraih prestasi