Berita Ekonomi Gresik Jawa Timur Utama

Istana Turun Tangan, Smelter Freeport Langsung Dicek Kantor Staf Kepresidenan, Pastikan Integrasi Tambang Hulu Hilir Terwujud

Kantor Staf Presiden meninjau area Electrorefinery (istimewa/ surabayakabarmetro.id)

SURABAYAKABARMETRO.ID, GRESIK– Istana memberikan perhatian penuh terhadap Smelter Freeport yang ada di Gresik.

Buktinya Kantor Staf Kepresidenan langsung memeriksa Smelter Freeport.

Itu dalam rangkat memastikan terwujudnya integrasi tambang hulu hilir.

Deputi I Kantor Staf Presiden (KSP) Febry Calvin Tetelepta besertarombongan mengunjungi Smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Senin (2/9) untuk memastikan terwujudnya pertambangan yang terintegrasi dari hulu ke hilir, serta keberadaannya berdampak positif bagi masyarakat sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo.

“Kedatangan kami untuk melihat perkembangan Smelter PTFI yang telah mulai beroperasi pada Juni 2024. Kami mengunjungi beberapa unit Smelter di antaranya Anode Casting & Refinery, Concentrate Storage,” kata Febry Calvin Tetelepta, Deputi I KSP bidang Infrastruktur, Energi, danInvestasi.

Menurut Febry, kehadiran Smelter PTFI juga harus dapat menciptakan efek berganda (multiplier effect) yang dapat meningkatkan perekonomian Jawa Timur.

“Kalau hanya sekedar mencari untung bisa fokus di konsentrat saja, namun ada multiplier effect dengan pembangunan smelter,”
katanya.

Vice President Government Relation dan Smelter Technical Support PTFI Harry Pancasakti mengatakan pembangunan smelter PTFI ini merupakan pemenuhan kewajiban Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) dan kontribusi mendukung kebijakan pemerintah dalam hilirisasi pertambangan.

Kini dengan adanya smelter PTFI, tambang bawah tanah terbesar di dunia yang berada di Tembagapura telah terintegrasi dengan smelter dengan desain single line terbesar di dunia yang berada di Gresik, Jawa Timur.

Harry mengatakan kunjungan KSP ini menjadi kesempatan baik untuk mendiskusikan sejumlah topik penting antara lain integrasi pertambangan, eksplorasi pengembangan tambang Bawah tanah, perpanjangan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK), kemajuan masa operasi dan kesiapan produksi, hingga dampak positif yang dirasakan masyarakat dengan keberadaan
smelter di Gresik.

Harry mengatakan smelter tembaga PTFI dengan desain single line terbesar di dunia ini mulai beroperasi pada Juni 2024 dan dibangun di atas lahan seluas 100 hektare di KEK Gresik.

“Bersama dengan smelter pertama kami yakni PT Smelting, PTFI mampu memproduksi katoda tembaga sebanyak 1 juta ton per tahun, menjadikan Freeport Indonesia sebagai salah satu pertambangan tembaga terintegrasi hulu hingga hilir terbesar di dunia,” kata Harry.

Kepada Deputi I KSP, Harry juga menjelaskan manfaat pembangunan smelter. Antara lain dari sisi penyerapan tenaga kerja maupun perputaran ekonomi di wilayah operasional Smelter PTFI.

Keterlibatan pengusaha kecil dan menengah untuk pengadaan barang atau jasa yang non-kritikal, memberdayakan perusahaan lokal sebagai kontraktor atau sub-kontraktor untuk pekerjaan konstruksi, serta mencakup beberapa sektor seperti katering, akomodasi dan transportasi pekerja, penginapan, jasa kebersihan, penyaluran tenaga kerja yang mayoritas
dikelola oleh usaha kecil menengah.

Multiplier effect juga terwujud dalam pengelolaan sampah daur ulang sementara dari proses pembangunan smelter yang dilakukan melalui Pusat Transformasi Bersama (PTB) bekerja sama dengan sembilan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di wilayah Kecamatan Manyar dan Bungah.

Hasil penjualan produk sampah daur ulang digunakan untuk mendukung berbagai kegiatan di bidang pendidikan, keagamaan, kesehatan, dan lingkungan, untuk masyarakat Gresik, khususnya yang tinggal di kawasan sekitar lokasi smelter berada.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Kantor Staf Presiden atas kunjungan dan apresiasi kepada PTFI. Kami bangga dapat menjadi bagian dari kemajuan Indonesia melalui industry pertambangan terintegrasi hulu hilir ini,” kata Harry. (surabayakabarmetro.id)

Bagus

About Author

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Utama

Toko Karpet di Gemblongan Surabaya Terbakar, Kepanikan Sejumlah Orang Ikut Terekam

SURABAYA – Sebanyak dua toko karpet yang ada di Jalan Gemblongan, Surabaya terbakar, Minggu (16/10/2022) sore kemarin. Saat kejadian, kobaran
Berita Utama

Tim Antasena dan Sapuangin ITS Capai Prestasi Bergengsi di Kancah Internasional, Berjaya di Shell Eco-Marathon 2022

SURABAYA – Satu lagi prestasi yang berhasil ditorehkan oleh para mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Mereka berhasil meraih prestasi