Berita Jawa Timur Politik Surabaya Utama

Capres Wajib Kuasai Dua Kunci Jika Ingin Menangkan Pilpres 2024, Salah Satunya Adalah Jatim

Direktur Eksekutif AKSARA Research and Consulting, Hendri Kurniawan bicara soal Pilpres 2024 dan Jatim (istimewa/ surabayakabarmetro.com)

SURABAYAKABARMETRO.COM, SURABAYA– Ada dua kunci yang wajib dikuasai capres jika ingin menangkan Pilpres 2024 nanti, salah satunya adalah Jawa Timur atau Jatim.

Sedangkan kunci lainnya adalah anak muda.

Itu seperti yang disampaikan oleh Direktur Eksekutif AKSARA Research and Consulting, Hendri Kurniawan.

Hendri Kurniawan menganggap, dalam kontestasi Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 mendatang, Provinsi Jawa Timur dinilai menjadi kunci bagi para kontestan dalam memenangkan pertarungan.

Menurutnya, peta pertarungan kontestasi Pilpres 2024 mendatang di Jawa Timur akan cukup sengit.

Pasalnya, lanjut Hendri, sampai sejauh ini masing-masing kandidat yang muncul, belum cukup dominan meraih dukungan dari masyarakat.

Berbeda dengan daerah-daerah lainnya, kandidat tertentu mampu meraih dukungan mayoritas.

“15 persen lebih dari total DPT (daftar pemilih tetap) nasional adalah pemilih dari Jawa Timur, tentu saja ini sangat menentukan. Apalagi, belum ada capres yang cukup mendominasi dukungan,” ujar dia dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu 26 Juli 2023..

Hendri mengatakan, Jawa Timur sejak dulu memang tidak bisa diklaim sebagai basis parpol maupun kandidat capres tertentu. Sebab, setidaknya dalam dua kali penyelenggaraan pemilu, belum ada partai politik yang mendominasi perolehan suara.

“Tidak ada parpol yang suaranya dominan di Jatim, selisih suaranya tak pernah terpaut jauh, Kalau ada yang mengaku-ngaku, itu klaim saja,” kata peneliti asal Kabupaten Tuban Jawa Timur tersebut.

Hendri menambahkan, pemilih muda di Jawa Timur juga akan sangat menentukan dalam kemenangan pilpres. Pemilih dengan interval usia 17-39 tahun di provinsi ini jumlahnya mencapai 40 persen lebih.

Menurutnya, kandidat atau entitas politik yang berhasil menggaet suara anak muda, maka mereka berpeluang memenangkan pertarungan di wilayah yang memiliki 38 kabupaten/kota ini.

“Peran Jawa Timur dalam pilpres ini juga ditentukan oleh preferensi anak muda dalam menentukan pillihannya. Siapa yang dipilih anak muda, mereka berpotensi menang,” imbuhnya. (surabayakabarmetro.com)

Bagus

About Author

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Utama

Toko Karpet di Gemblongan Surabaya Terbakar, Kepanikan Sejumlah Orang Ikut Terekam

SURABAYA – Sebanyak dua toko karpet yang ada di Jalan Gemblongan, Surabaya terbakar, Minggu (16/10/2022) sore kemarin. Saat kejadian, kobaran
Berita Utama

Tim Antasena dan Sapuangin ITS Capai Prestasi Bergengsi di Kancah Internasional, Berjaya di Shell Eco-Marathon 2022

SURABAYA – Satu lagi prestasi yang berhasil ditorehkan oleh para mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Mereka berhasil meraih prestasi