Berita Jawa Timur Politik Surabaya Utama

Survei SSC Sebut Sejumlah Nama Muncul di Bursa Pilgub Jatim 2024, Ada Khofifah, Risma hingga Cucu Soekarno

Nama Khofifah Indar Parawansa unggul dalam survei SSC di bursa Pilgub Jatim 2024 (istimewa/ s]urabayakabarmetro.com)

SURABAYAKABARMETRO.COM, SURABAYA– Survei menyebut ada sejumlah nama muncul dalam bursa calon gubernur di Pilgub Jatim 2024.

Dari Khofifah, Tri Rismaharini, hingga Puti Guntur Soekarno yang merupakan cucu Soekarno.

Lalu, siapakah yang paling unggul?

Surabaya Survey Center (SSC) merilis hasil survei nama-nama yang berpotensi maju di Pilgub Jatim 2024.

Berdasarkan survei Surabaya Survey Center, petahana Khofifah Indar Parawansa masih tertinggi sebagai figur yang disebut-sebut maju Cagub Jatim 2024.

“Khofifah tentu saja masih memiliki elektabilitas yang paling sebagai Cagub Jatim,” kata Direktur SSC Mochtar W Oetomo saat paparan hasil survei di Surabaya, Rabu (9/8/2023).

Mochtar menyebut elektabilitas Khofifah jauh meninggalkan nama-nama lain seperti Tri Rismaharini (18,4 persen), Emil Dardak (11,5 persen ), Eri Cahyadi (6,7 persen ), Anwar Sadad (5,5 persen ). Nama-nama lain seperti Gus Ipul, Sarmuji elektabilitasnya di bawah 5 % .

Mochtar memaparkan untuk Cawagub Jatim, elektabilitas Emil Dardak juga sangat kokoh meninggalkan nama-nama lain.

“Elektabilitas Emil sebagai Cawagub Jatim jauh meninggalkan nama lain yakni 35,8% . Kemudian disusul Eri Cahyadi 15,7% , dan Puti Guntur 7,3% , Anwar Sadad 6,8% . Nama-nama lain angkanya di bawah 5% ,” jelasnya.

Mochtar menyebut jika Khofifah tetap maju di Pilgub Jatim, maka pasangan paling potensial ialah Emil Dardak.

“Jika Khofifah belum declare di Pilpres, kita prediksi angkanya sulit dua digit karena belum declare. Jika sudah declare dan melakukan langkah kongkret bisa jadi naik dalam konteks jatim. Kalau berhasrat jangan sampai terlambat, daripada ketinggalan kereta,” jelasnya.

“Kalau di Pilgub, dari data bisa dibaca bagaimanapun per hari ini kalau Khofifah Emil berpasangan dalam hitungan sederhana melihat elektabilitas keduanya digabung memang tertinggi. Bahwa komposisi Khofifah-Emil paling potensial, iya. Tapi hasil pilpres juga sangat menentukan pilgub ini,” tandasnya.

Survei SSC dilakukan pada 25 Juli-3 Agustus 2023 di 38 kabupaten/kota Jawa Timur. Jumlah responden sebanyak 1.200 dengan metode pengambilan multistage random sampling.

Survei SSC memiliki margin of error sebesar -+ 2,83. (surabayakabarmetro.com)

Bagus

About Author

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Utama

Toko Karpet di Gemblongan Surabaya Terbakar, Kepanikan Sejumlah Orang Ikut Terekam

SURABAYA – Sebanyak dua toko karpet yang ada di Jalan Gemblongan, Surabaya terbakar, Minggu (16/10/2022) sore kemarin. Saat kejadian, kobaran
Berita Utama

Tim Antasena dan Sapuangin ITS Capai Prestasi Bergengsi di Kancah Internasional, Berjaya di Shell Eco-Marathon 2022

SURABAYA – Satu lagi prestasi yang berhasil ditorehkan oleh para mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Mereka berhasil meraih prestasi