Berita Ekonomi Jawa Timur Utama

Cara KIP Foundation Bangkitkan Wisata Desa, Gelar Festival Wisata Desa Jawa Timur 2024 di Lumajang

Cara KIP Foundation Bangkitkan Wisata Desa, Gelar Festival Wisata Desa Jawa Timur 2024 di Lumajang (istimewa/ surabayakabarmetro.id)

SURABAYAKABARMETRO, LUMAJANG– Inilah cara KIP Foundation bangkitkan wisata desa.

Mereka menggelar Festival Wisata Desa Jawa Timur 2024.

Kegiatan itu digelar di Lumajang.

Tepatnya, acara itu akan berlangsung pada tanggal 16-17 Juli 2024 di Desa Wisata Tumpak Selo, Petahunan, Lumajang.

Festival ini bertujuan untuk membangkitkan sektor pariwisata desa dan mendorong pengembangan ekonomi kreatif berbasis desa wisata di Jawa Timur.

Festival Wisata Desa Jawa Timur 2024 merupakan bagian dari Program Pengembangan Desa Wisata yang dirancang untuk meningkatkan kualitas destinasi wisata, memperbanyak atraksi dan event-event menarik, serta menampilkan inovasi dan kreativitas dalam rangka meningkatkan daya saing desa wisata di Jawa Timur. Festival ini juga merupakan implementasi dari program Akademi Desa Wisata (Demi Dewi) yang bertujuan untuk mengembangkan kapasitas manajerial, strategi branding, dan kreativitas produk wisata desa.

Dwi Ariady Kusuma, Founder Akademi Desa Wisata, menyatakan, “Festival ini adalah wujud nyata kolaborasi untuk memajukan desa wisata dan ekonomi kreatif. Kami berharap dapat menginspirasi lebih banyak desa untuk berinovasi dan memanfaatkan potensi lokal.” Menurut Dwi Ariady Kusuma, pentingnya kolaborasi dan inovasi dalam mengembangkan pariwisata desa akan menjadi fokus utama festival ini, dengan harapan setiap desa dapat meningkatkan daya saingnya.

Acara ini akan dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Adhy Karyono, A.Ks., M.A.P., PJ Gubernur Provinsi Jawa Timur, Evy Afianasari, S.T., M.M.A., Kadis Kebudayaan & Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Indah Wahyuni, S.H., M.Si., PJ Bupati Lumajang, dan Ir. Budi Sarwoto, M.M., Kadis PMD Provinsi Jawa Timur. Para tokoh ini akan memberikan dukungan dan arahan untuk kemajuan pariwisata desa di Jawa Timur.

Festival ini akan menyajikan berbagai acara menarik, termasuk Expo Desa Wisata, Grebeg Suro, Launching Zona KIP, dan East Java Village Tourism Award. Selain itu, berbagai lomba, event musik, dan launching produk kreatif desa wisata akan memeriahkan festival ini.

Festival Wisata Desa Jawa Timur 2024 didukung oleh berbagai sponsor, yaitu Bank Jatim, Bank UMKM, Shopee,Kapal Api, PT Solusi Bangun Indonesia, PNM, PT Charoen Pokphand Indonesia, dan Gojek. Dukungan dari para sponsor ini sangat penting dalam menyukseskan acara dan memperkuat sektor pariwisata desa di Jawa Timur.

Dengan adanya festival ini, diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, mengembangkan potensi desa wisata, serta mendorong terciptanya masyarakat desa yang sejahtera dan mandiri.(surabayakabarmetro.id)

Bagus

About Author

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Utama

Toko Karpet di Gemblongan Surabaya Terbakar, Kepanikan Sejumlah Orang Ikut Terekam

SURABAYA – Sebanyak dua toko karpet yang ada di Jalan Gemblongan, Surabaya terbakar, Minggu (16/10/2022) sore kemarin. Saat kejadian, kobaran
Berita Utama

Tim Antasena dan Sapuangin ITS Capai Prestasi Bergengsi di Kancah Internasional, Berjaya di Shell Eco-Marathon 2022

SURABAYA – Satu lagi prestasi yang berhasil ditorehkan oleh para mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Mereka berhasil meraih prestasi